Media Informasi Universitas Negeri Padang

DISKUSI ONLINE-UKWP2SOSPOL UNP “Merawat kenangan Tragedi September, Mengenang untuk Menentang”

- Advertisement -

532

Padang-Unit Kegiatan Wadah Pengkajian dan Pengembangan Sosial Politik (UK-WP2SOSPOL UNP) pada Rabu/30 September 2020 mengadakan kegiatan Diskusi Online Edisi Spesial Mengenang tragedi G30 SPKI.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari divisi Riset Politik UK-WP2SOSPOL UNP yang pada saat pandemi Covid 19 ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Google meet yang mana menjadi alternatif bagi UK-WP2SOSPOL UNP agar tetap mampu memberikan alternatif kegiatan yang edukatif bagi masyarakat.

Kegiatan diskusi dimulai Pukul 19.00. WIB-selesai dengan penyampaian materi jarak jauh. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 50 peserta diskusi. Adapun narasumber dalam kegiatan diskusi kali ini yaitu Bapak Piki Setri Pernantah, S. Pd., M. Pd seorang akademisi dari Universitas Riau. Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan tentang sejarah panjang muncul partai PKI di Indonesia. Pra kemerdekaan beliau menyebutkan bahwa PKI ditujukan untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Sedangkan pasca kemerdekaan gerakan nya lebih disebabkan sebagai bentuk pertentangan terhadap pemerintahan Soekarno yang dinilai lamban pada saat itu.

Dalam diskusi tersebut munculah pertanyaan dari peserta diskusi. Yang menanyakan bahwa mungkinkah PKI bangkit lagi? Narasumber menjawab bahwa hal tersebut dapat dilihat dari 2 sisi yaitu sisi ideologi : Ideologi Komunis sampai saat ini masih leluasa bertebaran di indonesia seperti masih beredarnya buku tsb. Namun secara fisik (keorganisasian) PKI sudah dibubarkan pemerintah dan dilarang izin berdiri di Indonesia.

Terakhir dalam diskusi ini dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dengan peringatan tragedi G30 SPKI kita dapat teringat dan menyadari kembali bahwa kita harus menentang ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi negara kita yaitu “Pancasila” (UK-WP2SOSPOL)

Comments