Media Informasi Universitas Negeri Padang

Jadwal KIP Kuliah 2022, Yuk Daftar Biar Gratis Masuk Kampus & Biaya Hidup

- Advertisement -

932

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah Merdeka 2022 tengah berlangsung. Periode daftar akun KIP Kuliah 2022 dibuka mulai 2 Februari – 31 Oktober 2022. Kapan jadwal KIP Kuliah 2022 untuk calon mahasiswa jalur SNMPTN 2022 dan SBMPTN?
Sony H. Wijaya dari Tim Teknis Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek mengatakan, siswa bisa mendaftar setiap jalur seleksi masuk perguruan tinggi dengan bantuan pendidikan KIP Kuliah. Ia merinci, jalur seleksi masuk tersebut mencakup SNMPTN 2022, UTBK SBMPTN, SNMPN, SBMPN, serta ujian mandiri PTN dan PTS.

Sony menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu daftar akun KIP Kuliah 2022 di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Setelah itu, lengkapi data di menu Biodata, Keluarga, Prestasi, dan Rencana agar muncul tab pendaftaran Seleksi.

Di menu Seleksi, sambungnya, siswa bisa menekan tombol Daftar Seleksi untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi yang sedang dibuka. Sony mengatakan, siswa bisa mengikuti setiap jalur masuk perguruan tinggi terintegrasi dengan KIP Kuliah.

“Kalau empat komponen (menu) sudah terisi, maka akan muncul menu Seleksi. Untuk seleksi, kami berikan kesempatan seluas-luasnya bagi adik-adik untuk mengikuti seleksi setiap jalur seleksi,” kata Sony dalam Pembukaan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 di kanal YouTube Puslapdik Kemendikbud RI, Rabu (2/2/2022).

“Jadi kalau jadwal seleksi SNMPTN sudah dibuka ya silakan Anda daftar (KIP Kuliah) SNMPTN. Kalau misalkan masih gagal di SNMPTN, Anda bisa daftar lagi (KIP Kuliah) di SBMPTN, ya. Kalau masih gagal, Anda bisa ikut jalur mandiri,” imbuhnya.

Jadwal KIP Kuliah 2022
– Pendaftaran akun siswa KIP Kuliah: 2 Februari -31 Oktober 2022
– KIP Kuliah SNMPN: 7 Februari – 17 Maret 2022
– KIP Kuliah SNMPTN: 13 Februari – 27 Februari 2022
– UTBK-SBMPTN: 22 Maret 2022 – 14 April 2022
– SBMPN: 5 April – 29 Juni 2022
– Seleksi mandiri PTN: 1 Juni – 7 Oktober 2022
– Seleksi mandiri PTS: 8 Juni – 31 Oktober 2022

KIP Kuliah 2022 juga mencakup pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk PTN dan PTS, di samping gratis uang kuliah dan bantuan biaya hidup. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk ini mencakup UTBK maupun seleksi lain yang diusukan masing-masing panitia dan perguruan tinggi untuk siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Sony mengatakan, siswa yang sudah terdata di DTKS tetapi diidentifikasi sebagai Belum Terdata di sistem KIP Kuliah bisa melakukan sinkonisasi mandiri untuk pengecekan DTKS berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sinkronisasi bisa dilakukan dengan menekan tombol sinkronisasi di kanan atas pada menu Biodata.

“Jadi mungkin bisa dipastikan, NIK yang digunakan untuk mendaftar di KIP kuliah itu sama dengan NIK yang tercatat di DTKS,” katanya.

Sony mengingatkan, pendaftaran KIP Kuliah untuk sebuah jalur seleksi masuk perguruan tinggi tidak sama dengan pendaftaran seleksi itu sendiri. Karena itu, setelah mendaftar KIP Kuliah untuk sebuah jalur seleksi, daftarkan diri di laman seleksi tersebut. Contoh, setelah daftar KIP Kuliah untuk SNMPTN 2022, daftarkan diri untuk ikut SNMPTN 2022 di laman LTMPT.

“(Setelah klik Daftar Seleksi di KIP Kuliah) Itu tidak serta-merta Anda ikut seleksi nasional, tidak. (Data di sistem informasi KIP Kuliah) Ini hanya sebagai informasi kepada penyelenggara seleksi bahwa Anda dalam mengikuti seleksi tadi itu menggunakan mekanisme KIP Kuliah,” kata Sony.

“Jadi mohon dipastikan, misal (ingin ikut) SBMPTN, rekomendasi saya, pilih seleksi SBMPTN di (laman) KIP Kuliah, lalu lanjut daftar seleksi SBMPTN di LTMPT. Jadi untuk seleksinya, silakan ikuti prosedur (seleksi masuk) yang berlaku secara nasional atau yang berlaku di perguruan tinggi,” pungkasnya.

Via Detik
Comments