Media Informasi Universitas Negeri Padang

Kwarda Sumbar Lakukan MoU Masuk Perguruan Tinggi Lewat Jalur Prestasi Pramuka

- Advertisement -

56

Tiga Perguruan Tinggi di Sumatera Barat siap menerima mahasiswa dari anggota Gerakan Pramuka lewat jalur Prestasi Pramuka. Tiga Perguruan Tinggi itu adalah Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Andalas (Unand) Padang, dan UIN Iman Bonjol Padang.

Kesiapan penerimaan mahasiswa bagi anggota Gerakan Pramuka lewat Jalur Prestasi Pramuka itu, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat melakukan MoU dengan tiga Perguruan Tinggi tersebut dan penandatanganan kerjasama pada saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2024 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Senin (4/3/2024) di hotel Truntum Padang.

Sebelumnya Kwarda Sumbar melalui Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Kwarda Sumbar, Kak Dr. H. Candrianto, ST., M.Pd. bersama Andalan Daerah melakukan penjajakan terhadap kesanggupan tiga perguruan tinggi di Sumatera Barat untuk menerima calon mahasiswa melalui seleksi mandiri lewat jalur prestasi Pramuka.

Alhamdulillah tiga perguruan tinggi siap laksanakan kerjasama dan saat penandatanganan MoU dihadiri Rektor UNP Padang, diwakili Wakil Rektor 1 Dr. Refnaldi, S.PdM. Litt., Rektor Unand Padang diwakili Dr. Efa Yonnedi, SE, M.PPM, Akt, CA.GRGP dan Rektor UIN Imam Bonjol Padang diwakili Prof.Dr. Martin Kustati, M.Pd. disaksikan Kakwarda Sumbar Kak Audy Joinaldy.

Kak Audy menyambut baik atas gagasan Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Kwarda Sumbar, sesuai tugasnya telah melaksanakan program kerja beberapa inovasi pengembangan program dalam mewujudkan sumber daya manusia yang profesional.

Selesai penandatanganan MoU terkait Penerimaan Mahasiswa lewat jalur Prestasi Pramuka, pihak perguruan tinggi langsung mensosialisasikan teknis penerimaan mahasiswa melalui jalur prestasi kepramukaan, dan juga dipertegas oleh Kak Candrianto beberapa teknis dan persyaratan yang perlu dipersiapkan calon yang akan diterima di perguruan tinggi tersebut.

Sosialisasi tiga perguruan tinggi terkait syarat penerimaan mahasiswa prestasi kepramukaan melalui non akademik baik perorangan maupun ketegori kelompok.

Prestasi kepramukaan silahkan dimasukkan dalam tingkat apa saja dari cabang sampai nasional dan kegiatan Pramuka internasional.

Perguruan tinggi juga mencoba menerapkan persyaratan selain prestasi Pramuka, juga tahfis minimal 5 juz, 10 dan 15 jus apalagi 30 juz, dan beberapa persyaratan lain yang memungkinkan.

Sementara itu Kadisdik Provinsi Sumatera Barat diwakili Sekretaris Disdik Sumbar, Kak Suryanto, S.Pd.,M.Pd. menyetujui dan mendukung ada perguruan tinggi yang menerima calon mahasiswa lewat jalur prestasi kepramukaan.

Kak Dr. Candrianto bersama andalan terus akan berupaya menyusun teknis persyaratan yang diperlukan.

***

Sumber: Pusinfo Kwarda Sumbar

Comments