Media Informasi Universitas Negeri Padang

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftar

- Advertisement -

833

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 sudah dibuka. Calon mahasiswa bisa mendaftar mulai hari ini, Selasa (14/2/2023). Dimulai dengan pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah 2023.

Setelah membuat Akun KIP Kuliah 2023, calon mahasiswa akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses. Selanjutnya, calon mahasiswa mendaftar KIP Kuliah sesuai dengan jalur masuk Perguruan Tinggi yang dipilih, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Bagi calon mahasiswa baru yang hendak mendaftar KIP Kuliah untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, pendaftaran KIP Kuliah 2023 untuk SNBP dibuka tanggal 16 Februari 2023.

Setiap mahasiswa penerima KIP Kuliah akan mendapatkan jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi) selama delapan semester untuk Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4), enam semester untuk D3, dan 4 semester untuk D2.

Mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka juga mendapatkan bantuan biaya hidup yang sepenuhnya merupakan hak mahasiswa sehingga ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Berikut jadwal KIP Kuliah 2023

  • Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah 2023: 14 Februari 2023 – 31 Oktober 2023
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP): 16 Februari 2023 – 27 Februari 2023
  • Penetapan penerima baru: 1 Juli – 31 Oktober 2023

Jadwal di atas masih akan di-update mengingat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) juga ada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 dan ada jalur mandiri, serta pendaftaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Namun, buka tutup pemilihan jalur seleksi di SIM KIP Kuliah adalah H-1 dari jadwal seleksi nasional.
Sambil menunggu jadwal secara keseluruhan untuk SNBT, Mandiri dan PTS, lebih baik cek persyaratan KIP Kuliah 2023 dan menyiapkan dokumen yang diperlukan

Syarat daftar KIP Kuliah 2023

Berikut ini Persyaratan KIP Kuliah 2023:

1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. Baca juga: Daftar KIP Kuliah 2023, Harus Punya 3 Data Valid Ini 3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Dokumen daftar KIP Kuliah 2023

Berikut beberapa dokumen untuk mendaftar KIP Kuliah 2023:

  • Data diri
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Sementara itu, keterbatasan ekonomi sebagai syarat calon penerima KIP Kuliah Merdeka dibuktikan dengan dokumen:

1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau

2. berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau

3. Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau

4. mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau

5. mahasiswa dari keluarga yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

Yakni dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000.

Cara daftar KIP Kuliah 2023

1. Pendaftar wajib memiliki NISN, NPSN, NIK dan email aktif.

2. Klik laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

3. Klik ‘Daftar/masuk’

4. Klik ‘Daftar baru’

5. Masukkan data NISN, NPSN, NIK dan email aktif.

6. Isi data yang diperlukan, ikuti tahapan hingga selesai. Demikian informasi jadwal terbaru KIP Kuliah, syarat dan cara daftar bagi calon mahasiswa baru 2023.

Via Kompas.com
Comments